Mengapa penyeimbangan persamaan sangat penting bagi para ahli kimia?

Persamaan kimia

Bukannya menuliskan nama dan jumlah atom atau molekul dalam senyawa dan unsur yang ikut serta dalam suatu reaksi kimia. Reaksi yang dilakukan dalam kimia disajikan dalam bentuk persamaan kimia yang menggabungkan simbol kimia dan rumus unsur dan senyawa yang digunakan.

Sementara kita akan mendefinisikan penyeimbang persamaan kimia, sebagai representasi simbolis dari reaksi kimia di mana reaktan disajikan di sisi kiri dan produk disajikan di sisi kanan. Menurut definisi dan aturan, reaktan dalam persamaan kimia ditulis di sisi kanan dan entitas produk ditulis di sisi kiri, sementara mereka dipisahkan oleh panah.

Tanda panah antara reaktan dan produk dapat berupa tanda atau tanda ganda yang menunjukkan apakah reaksi dapat dibalik atau tidak dapat diubah. Panah tunggal atau ganda dalam reaksi kimia juga penting ketika kita membahas konstanta kelarutan. Sangat penting untuk memiliki jumlah atom yang sama di kedua sisi persamaan untuk memiliki persamaan kimia yang seimbang dengan kalkulator persamaan kimia penyeimbang.

Supremasi hukum

Selama reaksi kimia atom dalam reaktan tidak hilang, dan atom baru tidak muncul untuk membentuk komponen, bahkan ketika senyawa kimia dipecah dan senyawa baru terbentuk. Dengan demikian, kita dapat mengatakan bahwa atom tidak diciptakan atau dihancurkan selama reaksi kimia selama proses penyeimbang persamaan kimia.

Subskrip dan Koefisien

Atom-atom yang sama yang ditemukan dalam reaktan juga ada dalam produk; mereka hanya telah diatur ulang dengan cara yang terpisah. Kedua sisi persamaan harus ada pada sisi reaktan dan produk persamaan dalam persamaan kimia yang lengkap.

Dalam persamaan kimia kita menulis jumlah atom dan molekul dalam dua cara yang berbeda, subskrip dan koefisien. Yang pertama adalah bagian dari rumus kimia reaktan dan produk. Namun yang terakhir mewakili jumlah molekul suatu zat yang digunakan atau dibuat dalam reaksi kimia.

Subskrip tidak berubah ketika rumus untuk reaktan dan produk ditetapkan karena merupakan bagian dari rumus. Sementara jumlah semua zat yang ikut serta dalam reaksi kimia dapat diubah, begitu juga koefisien untuk menyetarakan persamaan kimia.

Signifikansi Persamaan Persamaan
Seperti dikatakan sebelumnya, dalam reaksi kimia atom tidak diciptakan atau dihancurkan. Jadi persamaan di kedua sisi reaksi kimia ini diatur oleh hukum kekekalan massa.

Hukum menyatakan bahwa, selama reaksi kimia massa produk akhir harus sama dengan massa reaktan. Menurut hukum, massa total molekul dan elemen di sisi produk harus sama dengan massa total molekul dan elemen di sisi reaktan.
Jadi dalam reaksi kimia jumlah atom dan molekul harus tetap sama. Untuk tujuan ini, persamaan kimia yang mewakili reaksi kimia harus disetarakan.
Ketika jumlah atom yang ada di ruas kiri sama dengan jumlah atom di ruas kanan maka persamaan kimia tersebut dikatakan sebagai persamaan kimia yang seimbang. Berat molekul dan jumlah molekul harus sama pada kedua sisi. Kalkulator berat molekul membantu kita menyeimbangkan berat molekul dan massa molar. Kalkulator berat molekul membantu menemukan dan menyeimbangkan massa molekul dan massa molar. Jadi untuk memenuhi hukum kekekalan, persamaan kimia perlu disetarakan.

Dalam persamaan kimia yang tidak seimbang hanya senyawa yang mengambil bagian dalam reaksi dan produk yang diwakili sedangkan jumlah molekul setiap reaktan dan produk yang diwakili dalam persamaan kimia yang seimbang.

Jumlah atom dari semua senyawa yang ditemukan di kedua sisi persamaan dalam persamaan kimia yang seimbang adalah sama. Koefisien yang diperlukan untuk menyetarakan persamaan kimia dikenal sebagai koefisien stoikiometri. Ini sangat penting karena mereka menghubungkan jumlah reaktan yang digunakan dengan produk yang dihasilkan. Karena mereka digunakan untuk mengukur konstanta kesetimbangan, koefisien terkait dengannya. Dan itu bisa menjadi sibuk. berada di sisi aman penyeimbang persamaan kimia berkuasa dalam membantu. dan beberapa di antaranya saya pribadi gunakan adalah keseimbangan persamaan kimia dengan langkah-langkah dll.

1 thought on “Mengapa penyeimbangan persamaan sangat penting bagi para ahli kimia?”

Leave a Comment